network-down-maintenanceSehubungan dengan permasalahan koneksi Speedy kampus yang sedang bermasalah maka diumumkan bahwa sementara waktu akses internet baik lokal maupun hotspot kampus tidak bisa diberikan kepada seluruh sivitas akademika.

Sampai Jumat (10/10/2014) malam ini saat pengumuman ini diumumkan masalah koneksi Telkom Speedy milik kampus tetap down. Untuk itu kami sampaikan permohonan maaf kepada seluruh sivitas akademika tidak bisa memberikan layanan sebagaimana mestinya, meskipun masalah ini di luar kewenangan kami. Sebagai informasi dan akuntabilitas pengelola ICT Kampus (PPIDK) mengenai permasalahan ini, berikut kami informasikan kronologis permasalahan yang terjadi :

  1. Rabu tanggal 08/10/2014 pada pukul 23.09 wib tiba-tiba semua akses ke Sistem Informasi Manajemen Kampu (SIMKA) down tidak bisa diakses dari luar kampus. PPIDK Kampus langsung melakukan pengecekan dan ternyata dari jaringan internal kampus semua akses SIMKA normal hanya yang dari luar kampus yang tidak bisa. Setelah di cek ulang ternyata IP statis dari Telkom Speedy yang sudah sejak 3 tahun lalu dimiliki STIEKEN Blitar untuk keperluan SIMKA tidak bisa diakses. Pengecekan pada modem speedy ternyata IP statis berubah menjadi IP dinamis. Hal ini menyebabkan akses SIMKA dari luar selalu berubah IPnya sehingga tidak bisa diakses. Tetapi akses internet dari dalam kampus ke luar masih normal.
  2. Kamis tanggal 09/10/2014 pukul 08.45 wib, PPIDK melaporkan kondisi ini ke layanan 147 Telkom. Oleh 147 Telkom disarankan upgrade paket speedy ke Speedy Gold karena menurut 147 Telkom semua paket yang bukan Gold tidak bisa memiliki IP statis dan hanya dinamis. Perlu diketahui bahwa selama hampir 3 tahun Kampus berlangganan Speedy dengan paket IP statis. Seharusnya kalau ada perubahan paket penjualan speedy, pelanggan lama tidak berubah. Kalau pun harus berubah dan harus upgrade seharusnya ada pemberitahuan ke Kampus, tetapi ini tidak ada informasi apapun ke kampus. Untuk keluhan ini semuanya sudah diinformasikan ke 147 Telkom.
  3. Kamis pukul 09.30 wib staf PPIDK meluncur ke Plasa Telkom untuk upgrade paket Gold sesuai arahan 147 Telkom dan diinformasikan IP statis akan didapatkan dalam waktu 1 x 24 jam . Sampai pukul 11.30 wib akses internet dari jaringan internal kampus masih normal, tetapi setelah itu internet down. Setelah di cek ternyata lampu internet modem tidak menyala. Sampai sore hari sekitar pukul 18.00 wib melalui twitter keluhan ini disampaikan dan dibantu oleh @telkomcare untuk reset dan akhirnya akses internet kampus kembali menyala meskipun masih tetap menggunakan IP dinamis bukan IP statis.
  4. Jumat tanggal 10/10/2014 kembali 147 Telkom dihubungi dan teknisi Telkom Blitar mendatangi kampus. Setelah dicoba berkali-kali ternyata tetap tidak bisa. Menurut teknisi ini kalau menggunakan akun tes milik speedy bisa jalan tetapi saat diubah ke akun milik STIEKEN Blitar maka modem tidak mau terkoneksi internetnya. Teknisi berjanji meneruskan ke engineer yang berkaitan dengan masalah ini. Masalah ini juga kami teruskan ke @TelkomCare melalui twitter, tetapi masalah ini sampai saat pengumuman ini diumumkan belum ada perkembangan.
  5. Update : Setelah usaha tiada henti untuk komplain ke @TelkomCare  pada hari Sabtu dan Minggu, dan akhirnya hari Senin 13-10-2014 pukul 08.45 wib koneksi internet Speedy di Kampus kembali normal. Semua akses ke SIM Kampus juga kembali normal bisa diakses dari luar jaringan kampus.

Informasi diatas juga sebagai penjelasan untuk membantah kabar yang beredar bahwa STIEKEN Blitar sudah berhenti berlangganan internet dengan berbagai alasan yang berkembang. STIEKEN Blitar tetap akan memberikan layanan internet kepada seluruh sivitas akademika karena sudah merupakan komitmen bahwa internet diperlukan dan sangat penting bagi proses pendidikan dan pengajaran di Kampus.

PPIDK akan terus berusaha memecahkan masalah ini tentunya bersama Telkom Speedy karena yang berwenang adalah pihak Telkom Speedy. Selain itu PPIDK juga berencana mengajukan jaringan internet backup sehingga jika jaringan internet utama bermasalah seperti sekarang maka layanan SIMKA dan internet masih bisa diberikan kepada sivitas akademika.

Apabila ada perkembangan baru akan kami informasikan di halaman ini. Informasi mengenai perkembangan masalah ini juga bisa dibaca di TimeLine (LiniMasa) akun twitter @setyaputra

UPDATE :

Koneksi Internet Speedy sudah bisa berjalan normal kembali mulai hari Senin 13-10-2014 pukul 08.45WIB. Semoga tidak terjadi gangguan lagi di kemudian hari.

[twitter style=”vertical” float=”left”]