Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL) milik STIE Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar resmi diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Menurut Ketua STIEKEN Blitar Bpk. Iwan Setya Putra SE.,Ak.,MM, peluncuran SIVIL ini dimaksudkan sebagai kemudahan bagi pengguna lulusan dari STIEKEN Blitar untuk melakukan pengecekan keaslian ijazah lulusan STIEKEN Blitar. SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan SIstem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) yang dimiliki STIEKEN Blitar serta terhubung juga dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Dengan adanya fasilitas SIVIL ini diharapkan keragu-raguan pengguna lulusan terhadap ijazah lulusan STIEKEN Blitar bisa segera tervalidasi apakah lulusan yang melamar pekerjaan di perusahaan/instansi mereka betul-betul ASLI atau PALSU. Hal ini mengingat kecanggihan teknologi yang memungkinkan seseorang bisa memalsukan ijazah sesuai aslinya. Melalui SIVIL ini diharapkan pengecekan atas keaslian ijazah lulusan STIEKEN Blitar bisa semakin cepat tervalidasi.

SIVIL STIEKEN Blitar ini bukan sebagai sistem yang menggantikan proses pengecekan SIVIL milik Kemenristekdikti tetapi sebagai pendamping (double check) bagi pengecekan ijazah lulusan yang belum terdaftar di SIVIL milik Kemenristekdikti dikarenakan lulusan STIEKEN Blitar yang masuk di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) adalah lulusan angkatan 2008 keatas, sehingga lulusan angkatan sebelum 2008 belum terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Meskipun begitu tim admin SIMAK hingga saat ini terus melakukan update data agar nantinya semua bisa masuk ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) selama itu memungkinkan dan diperbolehkan oleh sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Alamat SIVIL STIEKEN Blitar adalah : http://sivil.stieken.ac.id

Alamat SIVIL Kemenristekdikti : https://ijazah.ristekdikti.go.id