Kuliah Tamu Akuntansi Untuk UKM Bersama IAI Jatim

Pada tanggal 22 Desember 2018, STIE Kesuma Negara Blitar mengadakan kuliah tamu khusus untuk mahasiswa akuntansi semester 3 yang sedang menempuh mata kuliah akuntansi UKM. Kuliah tamu ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa lebih dalam terkait Akuntansi UKM yang telah memiliki SAK sendiri yaitu SAK EMKM. Dosen tamu yang mengisi kulliah tamu adalah Bpk. Drs.Ec. Sugeng Ak.,MM.,M.Ak.,CA. selaku Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Timur untuk Komisariat Kediri Raya. 

Materi kuliah tamu tersebut ialah tentang Akuntansi untuk UMKM. Dosen tamu memberikan materi yang asik serta memberikan gambaran langsung terkait pencatatan yang seharusnya dimiliki oleh UMKM. Tidak hanya itu, hasil dari kegiatan kuliah tamu hari itu memberikan semangat bagi mahasiswa lebih berkontribusi terhadap UMKM terutama membantu dalam melakukan pelaporan keuangannya. Banyak keuntungan dari pembuatan laporan keuangan. UMKM dapat memperoleh dana pengembangan usaha dari bank dengan adanya laporan keuangan yang Bankable. Tugas dari mahasiswa ini untuk membantu UMKM dalam pembuatan laporan keuangan, selain itu ilmu mereka menjadi terpakai dimasyarakat khususnya. 

Kuliah tamu saat itu memunculkan berbagai pertanyaan dari mahasiswa seputar UMKM terutama terkait data yang dimiliki UMKM dan kesulitannya mereka untuk masuk kedalam UMKM guna mencari informasi data. Waktu kuliah tamu habis tetapi masih banyak pertanyaan dibenak mahasiswa yang kemudian diputuskan untuk bertanya melalui Instagram IAI Kediri Raya. Ibu dewi selaku wakil ketua bidang kemahasiswaan dan alumni STIEKEN Blitar merasa kegiatan semacam ini perlu dilakukan setiap tahun, karena sangat bermanfaat dan akan berdampak besar bagi pengetahuan mahasiswa.