dsc_0959_smallSetelah sukses menyelenggarakan Pelatihan Softskill dan Psikotest bagi mahasiswa semester akhir pada bulan September kemarin, Tim Pusat Karir STIE Kesuma Negara Blitar meneruskan agenda acara selanjutnya yakni Pelatihan Kewirausahaan dengan sasaran mahasiswa semester 5. Acara ini mengambil tema yaitu “Mencetak Entreprenuer Muda Kreatif dan Inovatif”. Mengapa diambil tema demikian, karena acara ini mengambil tujuan utama yaitu agar mahasiswa / peserta nantinya dapat memiliki ide kreatif untuk berwirausaha dan inovatif sendiri maksudnya dapat membuat produk / jasa yang belum ada penggarapnya tetapi dibutuhkan oleh masyarakat.

dsc_0958_smallAcara ini adalah salah satu bagian dari anggaran dana Hibah Pusat Karir 2016 dari Kemristekdikti dan terselenggara dengan baik atas dukungan fasilitas dari pihak kampus. Acara dibuka dan sekaligus diresmikan secara langsung oleh Ketua STIEKEN Blitar Bapak Iwan Setya Putra, SE., Ak., MM. CA., dalam sambutannya beliau berpesan, dengan diadakannya acara ini para mahasiswa bisa membuka usaha sendiri tanpa harus lulus dulu, lalu menjadi pegawai ataupun karyawan pada suatu perusahaan. Beliau berharap mahasiswa STIEKEN dapat menjadi pengusaha muda yang dapat memajukan ekonomi bangsa dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyrakat lainnya. Acara selanjutnya diteruskan oleh penyampaian materi pertama oleh Narasumber 1 Bapak Hendri Christiawan, SE. selaku manajemen dari Omah Jenang – Kelapa Sari Rejowinangun, Kademangan serta di moderatori oleh Ketua Jurusan Manajemen Bapak Sandi Eka Suprajang, SE., MM. Materi pertama memuat seputar bagaimana kita memulai sebuah wirausaha, bagaimana membaca peluangnya dan bagaimana kita menelateni usaha yang sudah ada. Penyampaian materi pertama berlangsung sekitar satu setengah jam dan diberikan sesi tanya jawab oleh moderator selama setengah jam.

dsc_1114_smallSelanjutnya disambung materi kedua oleh Owner Excellent Card n’ Souvenir, Mas Andris Prasetyo atau nama bekennya Mas Gemes. Penyampaian materi kedua ini cukup meriah karena selain pematerinya yang cukup atraktif, mahasiswa juga lebih sering diajak tanya jawab sehingga suasana cukup hidup, santai namun tetap serius dalam pelaksanaanya. Pada materi kedua ini, narasumber membagi tips bagaimana kita berwirausaha dengan baik sesuai dengan pengalaman pribadi narasumber. Pertanyaan demi pertanyaan pun saling bersahutan dan dijawab dengan baik dengan narasumber.

Pada penghujung acara dilakukan penutupan oleh Ketua Pelaksana Bapak Regi Esa Sura Pratama, S.Pd. sekaligus sesi foto bersama oleh peserta dengan narasumber. Semoga dengan berakhirnya acara ini, bibit – bibit pengusaha muda tumbuh dari STIEKEN Blitar ini dan dapat mendobrak peningkatan ekonomi bagi bangsa ini.