STIE Kesuma Negara Blitar dalam rangka melakukan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat melaksanakan “Pelatihan Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Bagi UMKM” pada tanggal 22 Juli 2017 bertempat di Aula STIEKEN Blitar.  Pelatihan ini diselenggarakan  oleh  Jurusan Akuntansi STIEKEN Blitar dan Himpunan mahasiswa jurusan akuntansi (HMJ-Aksi) STIE Kesuma Negara Blitar bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Kediri Raya.

Pelaksanaan pelatihan ini tidak terlepas dari  tindak lanjut acara seminar perpajakan dalam event AFest (Accounting Festival) yang diadakan bulan april kemarin dimana dalam seminar tersebut dikenalkan kepada peserta seminar yang sebagian besar UMKM adanya Standard Akuntansi Keuangan bagi UMKM yaitu SAK-EMKM. Tindak lanjut yang dilakukan HMJ-Aksi ini ialah membuat pelatihan mengenai pengelolaan dan pelaporan keuangan bagi umkm. Pelatihan yang diadakan hari sabtu tanggal 22 juli 2017 dihadiri sekitar 80 pemilik UMKM se-blitar raya.  Narasumber pelatihan ini ialah Drs. Ec Sugeng.,Ak.,MM.,M.Ak.,CA yang sekarang menjabat sebagai Ketua Komisariat IAI Kediri Raya.

Dalam kesempatan ini, Bpk.  Sugeng  mengatakan kepada peserta pelatihan bahwa sangat senang dan mendukung diadakan nya pelatiahan ini sehingga bersedia memberikan ilmunya untuk UMKM se-Blitar Raya. Rasa ingin tahu dan keinginan pemilik UMKM untuk maju sangat tinggi. Hal ini dilihat dari pertanyaan yang terus bermunculan saat pelatihan berlangsung. Pelatihan ini dimulai dari pukul 09.00-15.00 wib.  Pelatihan buka oleh Ketua STIEKEN Blitar dan di tutup oleh Wakil Wetua STIEKEN Blitar.

Dalam pelatihan ini juga diselingi dengan pembagian doorprice, sehingga peserta tidak merasa jenuh dan bosan. Saran dari peserta pelatihan kebanyakan menginginkan diadakan terus dan berkelanjutan kegiatan seperti ini. Dari kegiatan inilah sebagai jembatan bagi STIEKEN Blitar kepada masyarakat khususnya pemilik UMKM se-blitar raya sebagai bentuk dan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pelatihan ini juga diliput oleh salah satu stasiun TV lokal KSTV yang akan ditayangkan pada tanggal 26 dan 27 juli 2017. Ketua Jurusan Akuntansi STIEKEN Blitar berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini. ~ (sura)