img-20161005-wa0040Visi STIE Kesuma Negara Blitar yaitu menjadi perguruan tinggi unggul di tingkat Nasional pada tahun 2024 dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berkontribusi pada daya saing bangsa. Untuk mencapai visi tersebut, diperlukan pengembangan hardskill dan softskill secara terencana, sinergis, sistematis, dan berkesinambungan. Memiliki kemampuan hardskill dan softskill saat ini sangat diperlukan untuk memenangkan persaingan di dunia kerja. Pada umumnya,  suatu perusahaan memerlukan tenaga kerja yang cekatan, berinisiatif,  mampu bekerja secara tim, dan mampu mengembangkan diri di dalam sebuah organisasi. Karenanya, softskill memiliki arti penting dimana seseorang memiliki kemampuan untuk beradaptasi,  berkomunikasi, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah. Maka untuk memenuhi tuntutan tersebut, UPT Career Center menyelenggarakan suatu event  bertajuk Pelatihan Softskill dan Psikotes untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja.

Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 27 September 2016 dan bertempat di Aula STIE Kesuma Negara. Acara yang sekaligus dibuka oleh Ibu Siti Sunrowiyati, SE., MM. tersebut dihadiri oleh lebih dari 60 mahasiswa semester akhir atau yang akan diwisuda sebagai peserta serta sejumlah karyawan dan dosen STIE Kesuma Negara Blitar selaku undangan. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Yuyung Rizka Aneswari, SE. dari STIE Kesuma Negara ini juga turut mengundang mengundang pemateri dari beberapa lembaga. Pemateri yang pertama yaitu Bapak Eko Rachmadi Siswanto, SP., MM. dari BNI Cabang Blitar. Beliau menyampaikan kiat-kiat dalam penelusuran informasi lowongan kerja, menyusun lamaran/CV yang menarik bagi bagian HRD atau personalia, serta standar sikap yang baik sebelum memasuki dunia kerja. Materi kedua yang disampaikan Bapak Wisma Wiji Santoso, S.Psi., CHt. Adapun materi yang kedua ini mengungkapkan cara memilih tempat kerja berdasarkan kemampuan diri yang dimiliki serta kiat-kiat menghadapi tes psikologi dan wawancara.

Selanjutnya dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa terkait softskill, dan kemampuan dalam mempersiapkan dunia kerja sehingga mahasiswa dapat meniti karir di tempat yang mereka harapkan.