Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Kesuma Negara” disingkat STIEKEN, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar. dengan sebuah Akta Notaris, yaitu Notaris Budi Dharmakusuma, S.H. dengan nomor Akta Notaris : 5, tanggal 7 Mei 1989 yang berkedudukan di Blitar.

Sesuai dengan perkembangan yang dinamis akan kebutuhan penyesuaian globalisasi, Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar sebagai Badan Pendiri STIEKEN Blitar berganti nama menjadi Perkumpulan Kesuma Negara Blitar pada bulan Juli 2002.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mendapat ijin pemerintah dengan SK. Mendikbud No. 0325/0/1990 dengan tujuan ikut serta mencerdaskan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia, menyiapkan tenaga yang cakap, trampil serta ahli dalam bidang manajemen dan akuntansi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar bertekad menjadikan “Ilmu Pengetahuan sebagai Jembatan Masa Depan” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan perguruan tinggi. Dari tekad tersebut Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar merumuskan motto “Bring knowledge for a better future” dengan maksud bahwa setiap penyelenggaraan dan pengembangan, STIEKEN Blitar berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan dengan kebutuhan masyarakat secara umum sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan di era global dengan dijiwai oleh nilai-nilai ilmiah yang bertanggungjawab untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.

.