website-rankingPada tahun 2014 ini Lembaga Pemeringkat Web Universitas – Webometrics memasuki tahun ke 11 mereka melakukan pemeringkatan web universitas dunia. Setiap tahunnya teknik pemeringkatan selalu disempurnakan sehingga peringkat perguruan tinggi dunia dalam hal ketersediaan sarana online melalui website juga selalu dinamis. Khusus untuk tahun 2014 ini pada edisi terbitan bulan Juli 2014 ada beberapa aturan pemeringkatan yang mengalami perubahan, hal ini untuk menghindari setiap perguruan tinggi yang memiliki lebih dari satu alamat website terdata lebih dari satu kali yang semestinya tetap hanya sekali saja.

Ketersediaan website 24/7

Webometrics mulai edisi Juli 2014 ini menggunakan teknik ping pada setiap website perguruan tinggi yang terdaftar dalam database mereka, sehingga website yang gagal menerima ping dari webometrics selama 24 jam dalam 7 hari maka akan dikeluarkan dari database perguruan tinggi yang akan menerima pemeringkatan. Akibat aturan baru ini maka sekarang pergururan tinggi yang masuk database mereka dibawah 22.000 perguruan tinggi yang sebelumnya jumlahnya lebih dari itu.

Dilarang Duplikasi Domain

Di aturan baru ini setiap perguruan tinggi hanya boleh memiliki satu alamat domain yang mengarah ke website mereka. Hal ini karena sebelumnya banyak yang masuk dalam database webometrics beberapa perguruan tinggi memiliki lebih dari satu domain tetapi mengarah ke website yang sama dan isinya juga sama. Hal ini disebut sebagai duplikasi domain.

Perubahan Kalkulasi Indikator Penilaian

Untuk PRESENCE. Dihitung berdasarkan jumlah filenya (pdf, doc/docx, ppt/pptx, ps/eps) dan tidak dimasukkan dalam jumlah halaman website.

Untuk VISIBILITY.  Dalam penilaian ini aturan mengenai perhitungan 10 top linking domain dan backlink dari website tidak dipakai.

Untuk OPENNESS.  Google Scholar digunakan untuk indikator, digabungkan dengan seluruh jumlah publikasi perguruan tinggi yang dipublikasikan selama periode 2009-2013.

Untuk EXCELLENCE. Data Scimago  (top 10% most cited papers by discipline) yang digunakan telah diupdate selama periode 5 tahun yaitu tahun 2008-2012.

Peringkat STIE Kesuma Negara Blitar dalam Webometrics Edisi Juli 2014

Edisi Juli 2014 ini peringkat STIE Kesuma Negara Blitar berada pada posisi peringkat 240 untuk perguruan tinggi di Indonesia dan peringkat 15.341 untuk perguruan tinggi seluruh dunia. Untuk data lengkap silahkan cek link berikut : Link Webometrics

[twitter style=”vertical” float=”left”]