Sambutan Ketua STIEKEN BlitarSTIE Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar melakukan kegiatan Wisuda Sarjana S1 semester genap tahun akademi 2013/2014 pada hari Sabtu, 30 Agustus 2014 di Graha Patria Kota Blitar. Dalam kegiatan yang berjalan dengan lancar tersebut telah diwisuda wisudawan program studi akuntansi dan program studi manajemen.

Untuk itu kami ucapkan SELAMAT bagi para wisudawan semoga bisa berkiprah bagi pembangunan bangsa kedepan. Dalam acara ini Ketua STIE Kesuma Negara Blitar memberikan sambutan mengenai harapan bagi wisudawan di masa datang. Selengkapnya sambutan tersebut sebagai berikut :

SAMBUTAN KETUA
DALAM RANGKA WISUDA SARJANA S1
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
KESUMA NEGARA ( STIEKEN ) BLITAR
SABTU, 30 AGUSTUS 2014

Yth. Bapak Walikota Blitar atau yang mewakili,
Yth. Ibu Kapolres Kota Blitar atau yang mewakili,
Yth. Bapak/Ibu Anggota Senat STIE Kesuma Negara Blitar,
Yth. Ibu Ketua Perkumpulan Kesuma Negara Blitar,
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan seluruh Civitas Akademika STIEKEN Blitar,
Yth. Keluarga Wisudawan yang berbahagia,
Yth. Para Undangan yang kami hormati,
dan yang saya cintai Para Wisudawan yang berbahagia.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Kepada segenap hadirin penganut agama dan kepercayaan lain kami ucapkan salam sejahtera dan berbahagia selalu.

Dalam suasana yang bertabur kebahagiaan ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan berkat, rahmat dan karunia Nya kita semua dapat hadir pada acara wisuda sarjana S1 STIE Kesuma Negara Blitar dalam keadaan sehat wal’afiat.  Pada kesempatan ini, kami atas nama pimpinan serta seluruh sivitas akademika STIE ”Kesuma Negara ” Blitar mengucapkan SELAMAT kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, kami turut bersyukur dan berbahagia serta sekali lagi mengucapkan SELAMAT atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu dan Saudara sekalian. Pada kesempatan ini pula, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh rekan dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh karyawan STIE Kesuma Negara Blitar atas segala kerjasama, keikhlasan serta kesungguhannya dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani kebutuhan akademik mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya dan diwisuda pada pagi hari ini.

Para Wisudawan sekalian yang berbahagia,
Dengan bekal ilmu yang saudara peroleh selama ini, saya berharap Saudara-saudara akan mampu bersaing di pasar kerja untuk berkarya di masyarakat. Tantangan yang saudara hadapi di masyarakat sudah barang tentu lebih berat apabila dibandingkan dengan di kampus, sebab persoalan yang dihadapi sangat beraneka ragam. Namun Allah SWT telah menganugerahkan kepada manusia, akal, ilmu, kecerdasan dan pengetahuan untuk dapat dimanfaatkan menghadapi tantangan yang ada di masyarakat, yang selanjutnya dapat digunakan sebesar besarnya bagi kesejahteraan umat manusia itu sendiri. Keberhasilan yang Saudara capai hari ini bukanlah semata-mata milik Saudara karena di balik keberhasilan tersebut, Saudara dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain, yaitu mereka yang secara langsung maupun tidak langsung ikut berkontribusi terhadap keberhasilan Saudara. Dalam hal ini, semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu mandiri berbuat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Para hadirin yang saya hormati khususnya para wisudawan/wati yang saya cintai,
Perlu diketahui bahwa pada bulan Maret 2014 yang lalu kami telah merumuskan dan menetapkan Visi baru STIEKEN Blitar yaitu Visi menuju 2024 yang berbunyi :

Menjadi Perguruan Tinggi unggulan di tingkat nasional pada tahun 2024 dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkelanjutan di bidang Manajemen dan Akuntansi serta menghasilkan lulusan yang bermoral berbasiskan kompetensi, kewirausahaan, kepemimpinan dan teknologi informasi agar mudah menyesuaikan dengan perkembangan global.

Untuk menjadi perguruan tinggi unggul tentunya membutuhkan kerja keras dan kerjasama yang baik antara sivitas akademika dan stakeholder lainnya. Selain itu kami juga sedang melakukan dan juga sudah merencanakan beberapa perbaikan yang bisa menunjang tercapainya Visi menuju 2024 ini diantaranya yaitu :

Pertama : Dalam bidang kelembagaan, STIEKEN Blitar sudah melakukan banyak pembenahan di tata kelola perguruan tinggi agar lebih efektif dan efisien, antara lain dengan menggunakan struktur organisasi sesuai kebutuhan, menempatkan tenaga kependidikan yang sesuai dengan keahliannya, melakukan akreditasi tepat waktu, dan kegiatan lain yang menunjang tata kelola yang baik. STIEKEN Blitar juga sudah mengajukan akreditasi institusi pada 6 Agustus 2014 yang lalu. Selain itu saat ini juga sedang disiapkan akreditasi ulang program studi baik prodi akuntansi maupun prodi manajemen yang akan kami berangkatkan pertengahan september 2014 yang akan datang. Untuk itu kami mohon doa restu agar proses akreditasi ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan pengukuhan yang lebih baik lagi dari yang telah diperoleh sebelumnya.

Kedua : Dalam bidang akademik, STIEKEN Blitar terus menerus meningkatkan kualitas dosen serta perbaikan kurikulum dan proses belajar mengajar. Saat ini kami telah mengirimkan 3 orang dosen kami untuk studi lanjut. Disamping itu kami juga telah memiliki 6 orang dosen yang sudah memiliki sertifikasi dosen. Sedangkan dosen lainnya kami targetkan dalam 2-3 tahun kedepan semuanya sudah tersertifikasi.

Ketiga : Dalam bidang teknologi, STIEKEN Blitar sejak tahun 2006 sudah memiliki sistem online yang disebut Sistem Informasi Manajemen Kampus ( disingkat SIMKA) yang sampai sekarang terus dikembangkan secara mandiri sesuai kebutuhan kampus. SIMKA sampai saat ini sudah berkembang sangat jauh dengan terintegrasinya sub-sistem sub-sistem yang sudah dipakai oleh sivitas akademika dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu : Sistem Informasi Manajemen Akademik Kampus, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Perpustakaan Online, Sistem Informasi Akuntansi dan Keuangan Perguruan Tinggi, e-Journal, e-mail Kampus, Blog Dosen dan Blog Karyawan. Prestasi membanggakan juga telah ditorehkan STIEKEN Blitar dalam pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan yaitu mendapat penghargaan tingkat nasional dari Telkom Smart Campus Award (TeSCA) sebagai The Highest Leap TeSCA Winner 2014.

Keempat : Dalam bidang sarana prasarana, STIEKEN Blitar sudah mulai menambah sarana dan prasarana kampus seperti dibangunnya sarana peribadatan muslim yang representatif menggantikan ruang mushola yang terbatas kapasitasnya dimana saat ini pembangunannya sudah 70% penyelesaiannya, renovasi Toilet Mahasiswa menjadi lebih modern dalam upaya menambah kapasitas dan kenyamanan bagi mahasiswa, renovasi 3 ruang kelas untuk memperluas ruangan sehingga bisa menambah kapasitas, menambah fasilitas pendingin ruangan serta menambah fasilitas LCD Projector untuk kegiatan pengajaran di kelas.

Semua hal di atas dibangun dan disediakan dengan harapan bisa memberikan kenyamanan dalam proses pengajaran sehingga bisa meningkatkan pemahaman keilmuan yang diperoleh mahasiswa di kampus serta bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas, seperti para wisudawan yang diwisuda pada hari ini.

Kepada para wisudawan yang akan meninggalkan kampus tercinta ini, saya menitipkan nama baik almamater. Dimanapun saudara berada dan dalam kegiatan apapun jagalah nama baik almamater, dan jangan sampai menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan masyarakat luas. Tingkatkan rasa kebersamaan sesama alumni dan bergabung pada Ikatan Alumni STIE ” Kesuma Negara ” Blitar.

Khusus kepada orang tua dan anggota keluarga wisudawan, pada kesempatan yang berbahagia ini, sekali lagi saya menyatakan turut berbahagia atas keberhasilan Bapak / Ibu dalam mengasuh putra/putri masing-masing, atau Suami / Isteri bagi mereka yang sudah berkeluarga, karena telah mendukung dan memotivasi perjuangan mereka sehingga dapat menyelesaikan studi di STIE Kesuma Negara Blitar, untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi. Pada kesempatan ini secara resmi tanggung jawab kami mendidik putra-putri Bapak/Ibu telah selesai, dan kami serahkan kembali kepada Bapak / Ibu sekalian.

Hadirin yang saya hormati ,
Pada kesempatan yang baik ini pula saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini dan kepercayaan yang diberikan kepada STIE ”Kesuma Negara” Blitar. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita, sehingga langkah kita untuk turut serta dalam membangun bangsa dan negara ini betapapun kecilnya dapat berjalan dengan baik.
Kepada pengurus perkumpulan, dosen dan karyawan, kami sampaikan terima kasih karena telah mengantar para wisudawan ke gerbang kehidupan baru dalam masyarakat. Khususnya kepada panitia penyelenggara saya ucapkan terima kasih atas segala upaya yang dilakukan sehingga acara wisuda pada hari ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Akhirnya atas nama perkumpulan, pimpinan, dosen dan karyawan, saya mohon maaf apabila selama membimbing dan melayani saudara terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati saudara. Selamat jalan, selamat berprestasi, semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua, amien.

Wabillahi taufiq walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Blitar, 30 Agustus 2014
Ketua,

ttd

Iwan Setya Putra SE.,Ak.,MM.

[twitter style=”vertical” float=”left”]