Sekolah Pasar Modal STIE Kesuma Negara Blitar merupakan program kerja ke 2 setelah pelatihan pengurus laboratorium pasar modal yang di selenggarakan oleh asisten lab. Pasar modal STIE Kesuma Negara Blitar yang bekerja sama dengan PT. Kresna Sekuritas. Sekolah pasar modal ini tepatnya dilaksakan pada tanggal 6 – 8 April 2018 yang bertempat di laboratorium multimedia STIE Kesuma Negara Blitar.

Adapun susunan kegiatan sekolah pasar modal yang dimulai tanggal 6 – 8 April yaitu sebagai berikut :

  1. Diawali pada hari jumat, 6 April 2018 yang diikuti oleh dosen/karyawan STIE Kesuma Negara Blitar
  2. Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 7 April 2018 yang diikuti oleh mahasiswa jurusan akuntansi semester 4 dan jurusan manajemen semester 6 kelas pagi
  3. Hari ke tiga atau hari terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2018 sekolah pasar modal ini diikuti oleh mahasiswa semester 4 program studi akuntansi dan mahasiswa semester 6 program studi manajemen kelas malam.

Sekolah pasar modal ini memberikan pembelajaran dan pemahaman menyeluruh kepada semua peserta mengenai  pertumbuhan harga saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta bagaimana menganalisanya seperti analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental sendiri yaitu teknik analisa yang digunakan untuk mengetahui saham yang bagus untuk dibeli, sedangkan analisis teknikal merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui saat-saat yang bagus untuk menjual ataupun membeli saham. Kedua teknik tersebut sangat penting karena untuk meminimalisir  kerugian yang mungkin terjadi ketika melakukan penjualan atau pembelian saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI.

STIE Kesuma Negara Blitar membuka Laboratorium Pasar Modal ini selain bisa digunakan untuk sivitas akademika untuk memperdalam  mengenai pasar modal juga diperuntukkan bagi masyarakat umum yang berkeinginan untuk belajar nabung saham seperti yang sekarang sedang dipopulerkan oleh BEI dan OJK yaitu gerakan Yuk Nabung Saham. Bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum yang ingin memperdalam pemahaman dan belajar nabung saham, pengurus asisten laboratorim pasar modal juga telah menyediakan formulir pembukaan rekening saham untuk siapa saja yang ingin membuka akun. Selain itu asisten laboratorium pasar modal STIE Kesuma Negara siap membantu calon nasabah serta nasabar yang memiliki permasalahan yang terkait mengenai pasar modal.