Adanya SAK terbaru bagi UMKM yang akan diterapkan dan diberlakukan pada 1 Januari 2018 yaitu SAK-EMKM, mendorong Jurusan Akuntansi dan HMJ-Aksi STIEKEN Blitar bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Kediri Raya menyelenggarakan seminar yang berkaitan dengan SAK-EMKM ini bagi mahasiswa dan dosen yaitu Seminar Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-EMKM.

Acara yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 23 Juli 2017 dengan Narasumber Drs.Ec Sugeng.,Ak.,MM.,M.Ak.,CA ini merupakan serangkaian acara dengan Pelatihan Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Bagi UMKM yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Yang membedakan adalah peserta dan model kegiatan, dimana untuk pelatihan dihadiri pemilik/pengurus UMKM Se-Blitar Raya sedangkan seminar kali ini dikhususkan bagi mahasiswa dan dosen. Seminar dimulai pukul 09.00 hingga 13.00 wib.  Dalam seminar ini diberikan free PPL sejumlah 2 SKP bagi anggota IAI yang mengikuti seminar ini. Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas mulai dari universitas lokal hingga universitas luar kota seperti UNP, Polinema, UNDAR, dan universitas lainnya.

Diharapkan pula dalam seminar ini nantinya ada seminar lanjutan yang terus update seputar akuntansi, itu merupakan harapan dan saran dari peserta seminar kepada HMJ-Aksi STIEKEN Blitar. Diharapkan pula kegiatan semacam ini bisa terus diadakan dengan membahas berita maupun kebijakan terbaru