Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar merupakan perguruan tinggi yang berkomitemn untuk terus mendorong generasi muda utamanya mahasiswa untuk terjun ke dunia wirausaha. Hal itu pun kembali dibuktikan melalui Seminar Regional Ekonomi Kreatif yang digelar oleh HMJ Manajemen (SIKMA) pada Sabtu (30/9/2017), di Gedung Graha Patria Kota Blitar.

Acara ini dihadiri lebih dari 450 peserta dari seluruh Jawa Timur muai dari lokal Blitar , Kediri , Tulungagung, Jombang, Surabaya dan kota lain di Jawa Timur. Seminar mengusung tema “Membangun generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan ekonomi di era digital” ini menghadirkan 3 narasumber, yaitu Wahyu Liz “Adaideaja”, Ari Juliano Gema dari Badan Ekonomi Kreatif RI dan dr Gamal Albinsaid serta moderator Yuyung Rizka Aneswari.

Ketua STIEKEN Blitar. Iwan Setya Putra SE.,Ak.,MM yang dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini mengatakan  seminar regional ekonomi kreatif 2017 ini bisa diibaratkan merupakan miniatur dari IDEA FEST 2017 di Jakarta yang kebetulan dilaksanakan bersamaan dengan seminar di Kota Blitar ini.

“Kalau saya ingin membandingkan tujuan dari IDEA FEST 2017 dengan Seminar Regional Ekonomi Kreatif kali ini adalah sama, yaitu sama-sama ingin memberikan inspirasi ide-ide kreatif dari narasumber, bahkan dimungkinkan terjadinya kolaborasi ide-ide tersebut agar lebih kreatif dan sukses. Maka tidaklah salah kalau saya sebut bahwa Seminar Regional Ekonomi Kreatif dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen STIEKEN Blitar ini adalah IDEA FEST versi LITE atau MINI” ungkapnya.

Sesi pertama bersama dengan Wahyu Liz “Adaideaja” berhasil membuat suasana seminar menjadi lebih santai. materi tentang membangun sebuah usaha kreatif dikemas mas wahyu dengan unik dan lucu yang membuat semua peserta sangat antusias.

“Blitar Asyik , kota yang damai , dan orangnya juga ramah dan santun . Ini pertama kali saya berkunjung ke kota sang proklamator,” tutur wahyu.

Sesi kedua bersama Ari Juliano Gema dari Badan Ekonomi Kreatif RI memberikan pencerahan tentang ide ide kreatif yang bisa dilakukan peserta dan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan bersaing.

Narasumber terakhir dr Gamal Albinsaid , seorang motivator asli malang yang mendunia memberikan materi yang menarik tentang ekonomi sosial dan kepedulian lingkungan.

Selesai acara para peserta masih dihibur dengan alunan musik dari salah satu band asal STIEKEN Blitar dan pembagian puluhan doorprize menarik.