Jawa Timur Open 2016, adalah sebuah kompetisi resmi Rubiks Cube Se-Jawa Timur dan menjadi kompetisi terbesar kedua setelah Indonesia Championship. Jawa Timur Open diselenggarakan setiap tahun Oleh Jawa Timur Speedcuber Assosiation. Jawa Timur Open sebelumnya telah diadakan sebanyak 3 kali, yang pertama berada di kampus UNISMA Malang, yang kedua dilaksanakan di SMAN 3 Kediri, yang ke tiga berada di SMAN 4 Blitar, dan untuk tahun ini Jawa Timur Open 2016 dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 5-6 November 2016.

Tak hanya rubik berdimensi 3×3 saja yang diperlombakan, namun ada 16 cabang lain  yang dilombakan, total ada 17 cabang yang diperlombakan . Kompetisi ini terbuka untuk berbagai kalangan dan usia,asalkan mampu menyeleseikan rubik dan mengikuti aturan dari World Cube Association. Kompetisi ini diikuti sebanyak 36 peserta dari berbagai daerah, bahkan juga diikuti oleh warga kenegaraan Belanda yang bernama Mats Valk, ia juga adalah seorang juara dunia rubik pada tahun 2015 di Amerika.

Para peserta beradu kecepatan menyelesaikan sebuah rubik, dalam kompetisi ini, ada beberapa rekor yang terpechkan, antara lain rekor Nasional rubik 7×7 oleh Achmad Rizky Zakaria, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Malang, rekor Nasiolan Rubik megaminx oleh Mohammad Ibnu Sabilillah yang juga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November(ITS), dan bahkan rekor dunia pun terpecahkan, yaitu rekor dunia rubik 3×3 dengan waktu 4,74 detik, oleh warga kenegaraan Belanda Mats Valk, rekor tersebut memecahkan rekor sebeumnya yaitu 4,90 detik oleh Lucas Etter dari Amerika.