WorksahopTeSCA

SURABAYA – STIE Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mengirimkan salah seorang Staf Pusat Pengelolaan Informasi dan Data Komputer (PPIDK) untuk mengikuti Workshop TeSCA dengan tema “Optimasi Penerapan ICT untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi” yang diselenggarakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) kerjasama dengan berbagai instansi seperti DIKTI (Direktorat Pendidikan Tinggi), APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer), DETIKNAS (Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional), dan Tempo Media Group pada Selasa, 15 April 2014 di gedung Telkom Divisi Telkom Timur (DTT) Aula Lebah Biru Lt. 1. Jl. Ketintang 156 Surabaya. Sedangkan TeSCA ini merupakan Program tahunan yang diadakan untuk membantu perguruan tinggi melakukan pengukuran pemanfaatan ICT secara self assessment agar optimal dalam pemanfaatannya.

Pembicara dalam workshop ini adalah Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit. Beliau sangat berpengalaman baik secara akademik maupun praktis dalam dunia ICT dan merupakan salah satu juri TeSCA 2014 ini. Dalam workshop ini, Prof. Eko berpendapat bahwa ICT sudah merupakan harga mati dan merupakan kebutuhan untuk semua perguruan tinggi dalam menjalankan operasionalnya sehari-hari. “Peningkatan kinerja perguruan tinggi menurut beberapa penelitian juga didominasi oleh pemanfaatan secara optimal ICT di perguruan tinggi tersebut. Sudah merupakan budaya/lifestyle setiap hari kampus-kampus ternama di dunia dengan memanfaatkan ICT. Dengan ICT ini pembelajaran akan cenderung hidup dan tentunya perkuliahan akan muncul materi-materi terupdate karena dosen selalu dapat mengupdate informasi melalui sharing ilmu di dunia maya”.

TeSCA ini nantinya akan dievaluasi terus keberlanjutannya dan akan dijadikan sebagai raport tahunan perguruan tinggi untuk bisa melihat progress nya dalam pemanfaatan ICT sehingga kampus kampus di Indoensia akan siap menghadapi “era buka-buka an” pada tahun 2015 yang disebut sebagai ACFTA (Asean China Free Trade Area). ~ hnf.

[twitter style=”vertical” float=”left”]